Manfaat Minum Teh Hijau Setiap Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Teh hijau Jepang adalah salah satu jenis teh paling populer di dunia. Ini adalah alternatif yang sehat untuk minuman lain, dan mudah untuk diminum dan dinikmati.

Telah terbukti menurunkan kolesterol, tekanan darah dan risiko penyakit jantung dalam jangka panjang. Ini juga membantu membersihkan arteri dan vena yang tersumbat, yang dapat mencegah stroke dan pembekuan darah.

Sebuah studi tahun 2016 terhadap lebih dari 40.000 orang di Jepang menemukan bahwa mereka yang minum teh hijau secara teratur memiliki risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah daripada mereka yang tidak. Selain itu, minum teh hijau mengurangi stres oksidatif dan peradangan pada tubuh.

Antioksidan dalam teh hijau, katekin, dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini telah terbukti memiliki sifat antivirus, antiinflamasi, dan melawan kanker.

Selain itu, teh hijau mengandung L-theanine, yang merupakan asam amino alami yang memberikan efek relaksasi dan energi. Itu juga dapat mengurangi kecemasan dan stres.

Efek ini dikaitkan dengan kemampuannya menekan angiotensin II, yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Ini juga meningkatkan kemampuan antioksidan darah Anda, melindungi partikel kolesterol LDL dari oksidasi.

Manfaat lain dari minum teh hijau termasuk kemampuannya untuk mencegah penyakit periodontal dan masalah kesehatan mulut lainnya. Kualitas astringency dan anti-bakteri teh sangat efektif untuk mencegah penyakit gusi.

Manfaat lain dari minum teh hijau adalah mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Ini termasuk Vitamin A, B1, B2, B3, C, D, E, K, dan folat. Vitamin dan mineral ini membantu memperkuat sistem kekebalan Anda, menangkis virus dan kanker, serta meningkatkan tingkat energi Anda.

Mereka bahkan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Faktanya, sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa minum teh hijau mengurangi BMI, lingkar pinggang, dan massa lemak tubuh. Ini juga memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat membantu melawan gangguan autoimun.

Ini kaya akan bioflavonoid, yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut Anda. Senyawa ini dapat membantu memerangi efek sinar UV pada kulit Anda dan mencegah kulit terbakar, kekeringan, keriput, dan penipisan rambut.

Flavonoid ini juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh Anda, karena dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan. Mereka juga dapat membantu dalam pengobatan infeksi seperti pilek dan flu biasa.

Antioksidan dalam teh hijau, terutama katekin, juga dapat melindungi otak Anda dari efek berbahaya penuaan dan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Itu juga dapat meningkatkan daya ingat dan fokus.

Terakhir, senyawa anti-inflamasi dalam teh hijau dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Senyawa ini juga dapat meningkatkan penyembuhan dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Ada banyak jenis teh hijau di Jepang, tetapi ada dua varietas utama – Sencha dan Gyokuro. Sencha adalah jenis teh hijau Jepang yang paling umum, dan biasanya dikukus sebelum dikeringkan. Rasanya lembut dan menyegarkan dengan keseimbangan rasa manis dan asam yang baik.

Scroll to Top