Cara Memilih Buah dan Sayur Segar

Memilih buah dan sayuran segar adalah cara yang bagus untuk menambahkan variasi makanan lezat dan bergizi ke dalam diet Anda. Ini juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi seluruh keluarga! Namun, penting untuk mengetahui cara memilih buah dan sayuran terbaik di toko grosir atau pasar petani.

Cara memilih produk yang matang
Cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda membeli buah yang matang adalah dengan mencium dan menyentuhnya. Buah yang matang memiliki aroma yang sedap, yang biasanya akan sangat terlihat saat Anda memetiknya.

Warna merupakan indikator kematangan yang penting, jadi carilah buah berwarna cerah seperti stroberi yang berwarna merah tua dan pisang yang berwarna kuning atau jingga. Sebaiknya hindari buah dengan warna hijau atau coklat karena ini bisa menandakan buah tersebut belum matang.

Rasakan tekstur yang keras namun lembut. Tidak ada buah kecuali apel yang keras saat disentuh. Jika sudah matang, ia akan mengeluarkan sedikit saat diperas.

Buah yang lebih lembut dan halus berarti memiliki lebih banyak kelembapan di dalamnya, yang penting untuk pencernaan yang sehat. Ini juga membantu mengurangi risiko bakteri dan mikroorganisme lainnya berkembang dan menyebabkan penyakit, terutama saat diiris atau dipotong dadu.

Pilih beragam produk berwarna-warni, yang mengandung berbagai fitokimia yang memiliki beragam manfaat nutrisi.

Membeli pada musimnya adalah cara terbaik untuk mendapatkan rasa dan nutrisi paling banyak dari produk Anda. Tidak semua buah dan sayuran tersedia sepanjang tahun dan menjualnya di luar musim menimbulkan biaya pengiriman yang signifikan bagi pengecer, yang diteruskan kepada Anda dengan harga makanan yang lebih tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top